Edwin Nugraha Putra: PLN Indonesia Power Fokus pada TJSL Berkelanjutan

Rabu, 24 Juli 2024 | 21:08:37 WIB

PLN Indonesia Power (PLN IP), subholding generation company PT PLN (Persero) yang bergerak di bidang pembangkitan tenaga listrik, membuktikan komitmennya dalam menyelaraskan kegiatan bisnis dengan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan kesejahteraan masyarakat merupakan bagian penting dari kesuksesan PLN IP dan program-program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dijalankan, selaras dengan visi dan misi PLN yaitu menerangi dan menggerakkan negeri.

“Kami percaya bahwa dengan menjalankan program TJSL yang tepat, PLN IP dapat berkontribusi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” kata Edwin.

Edwin mengungkapkan, PLN Indonesia Power menjalankan proses bisnis dengan berfokus pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang seimbang dan berkesinambungan melalui empat pilar utama yang terintegrasi, yaitu Ekonomi, Sosial, Lingkungan dan Tata Kelola. Di sisi lain TJSL sudah menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan sebagai upaya manajemen risiko yang tidak lepas dari perencanaan yang cermat serta pemilihan program yang tepat mencapai sasaran.

"Hal ini sesuai dengan ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility yang telah diadopsi identik menjadi SNI ISO 26000:2013," tuturnya.

Menurut Edwin, program-program TJSL yang telah dijalankan PLN Indonesia Power terbukti mampu menghasilkan nilai manfaat bersama atau Creating Shared Value antara perusahaan, stakeholder dan masyarakat sekitar.

Edwin melanjutkan, PLN IP berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan program-program TJSL agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan. Dengan menjalankan program TJSL yang berkelanjutan. PLN IP yakin dapat berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan bangsa yang sejahtera, demokratis, dan adil makmur.

"Menjadi perusahaan yang berkelanjutan tentunya merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh semua perusahaan, termasuk juga PLN IP. Hal ini secara jelas tertuang dalam vision statement nya dan PLN IP meyakini dan berkomitmen untuk secara konsisten menjalankan ESG framework serta terus berkontribusi dalam pencapaian SDG's serta menjalankan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, karena kami yakin kesejahteraan masyarakat merupakan bagian dari kesuksesaan yang diraih perusahaan," ungkap Edwin.

Komitmen PLN IP dalam menjalankan program-program CSR yang terintegrasi dengan prinsip-prinsip ESG dan SDGs pun mendapat apresiasi.

Pada ajang Economic Review-Ideku Group bertemakan “Berbagi Aksi dan Solusi Perusahaan melalui CSR-SGD-ESG untuk Mempercepat Pencapaian Membangun Bangsa yang Sejahtera, Demokratis dan Adil Makmur” PLN IP berhasil menyabet dua penghargaan bergengsi, yaitu:

The Best Indonesia CSR-SGD-ESG Award Category Juara Umum dengan skor 96,10 dan The Best Commitment CEO for CSR-SGD-ESG yang diraih oleh Direktur Utama PLN IP Edwin Nugraha Putra, dengan skor 95,70.

“Pencapaian ini menjadi motivasi bagi PLN IP untuk terus meningkatkan kinerja dan komitmennya dalam menjalankan program-program CSR yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutup Edwin.

Terkini